Belajar WordPress

Posted on Updated on

Tidak sesingkat judulnya yaitu Belajar WordPress, untuk pemula cukup panjang proses yang harus dilalui untuk bisa mengenal dan memahami dengan baik fungsi menu di Dashboard setelah login pada halaman wp-admin. Pada saat membuat blog menggunakan layanan gratis di wordpress.com, maka kita akan mendapatkan subdomain seperti blog ini. Walaupun ada sedikit keterbatasan / kekurangan jika dibanding dengan menggunakan self hosting, namun sudah cukup untuk sarana belajar bagi pemula seperti saya ini.

Belajar wordpress bagi pemula (dasar)Bagi pemula sebuah keuntungan karena tidak perlu lagi memikirkan masalah hosting serta mengerti tentang cPanel dengan menggunakan layanan gratis ini, dan pada saat artikel mengenai belajar wordpress ini saya tulis tersedia kapasitas untuk menampung data (file) sebanyak 3 Giga untuk setiap blognya. Lumayankan, jika menggunakan self hosting dengan kapasitas penyimpanan file sebanyak itu harganya sudah mencapai ratusan ribu.

Bagi sobat yang sama sekali belum memiliki blog, bisa terlebih dahulu membaca pada artikel yang telah saya tulis sebelumnya. Tidak butuh waktu lama untuk melakukan proses registrasi atau mendaftar, sebelum melanjutkan membaca artikel ini silahkan lihat tutorialnya di cara membuat blog di wordpress.

Secara detail saya tidak memberikan panduan atau tutorial dasar belajar cms wordpress ini, namun ada beberapa poin penting yang bisa dibilang atau memang harus dilakukan diawal akan memulai aktifitas ngeblog karena hal tersebut merupakan pengaturan (settings) yang bersifat dasar atau cukup dilakukan sekali saja, jika akan dilakukan perubahan itupun hanya sesekali pada beberapa bagian. Jadi tepatnya saya hanya “mengingatkan” apa yang sebaiknya terlebih dahulu dilakukan. Untuk tutorial apa yang akan saya bahas selanjutnya sobat bisa menemukan banyak artikel terkait dengan mencari di Google atau search engine lainnya.

Settings (pengaturan) – Pada menu ini silahkan sobat pilih pada submenu General (umum) dan lakukan pengisian pada Site Title, Tagline serta pengaturan atau zona waktu (Timezone), untuk di Indonesia kita menggunakan UTC+7 serta silahkan pilih sesuai selera sobat pada bagian Time dan Date Format. Dan untuk submenu lainnya saya rasa sobat bisa dengan mudah untuk memahaminya.

Appearance (tampilan) – Pada bagian menu ini merupakan pengaturan yang terkait dengan tampilan / layout. Mulai dari pemilihan tema (theme), pilihan menu navigasi, background, header serta widget yang akan digunakan nantinya pada blog. Untuk pemasangan widget gunakan seperlunya saja, karena terlalu banyak widget akan berpengaruh pada kecepatan loading blog pada saat di akses.

User (pengguna) – Di menu ini sobat bisa melengkapi serta melakukan pengeditan terkait nama Admin yang akan ditampilkan (digunakan), mengganti Avatar dari default wordpress serta beberapa informasi lainnya pada sub menu My Profile, mengundang orang lain untuk ikut sebagai Admin pada blog di submenu Invite New serta melakukan penggantian (reset) password untuk login ke wp-admin di submenu Personal Settings.

Hingga pada tahap ini rasanya sudah cukup dari beberapa pengaturan dasar untuk dilakukan, seiring dengan perjalanan waktu dalam kita melakukan aktifitas ngeblog, maka dari beberapa menu serta submenu yang tidak saya bahas dengan sendirinya kita akan sampai pada tahap tersebut. Namun diawal aktifitas ngeblog lebih baik fokus pada bagaimana menggunakan beberapa menu penting pada cms wordpress ini.

Setelah melakukan beberapa perubahan pada menu Settings dan Appearance baru kita mulai cara membuat artikel pada menu Post. Ada dua poin penting yang harus tepat penggunaannya pada tahap ini yaitu dalam memberikan kategori dan tag (label) pada artikel yang ditulis dan ini merupakan langkah awal dalam membangun SEO pada bagian On Page sebuah blog.

Selanjutnya membuat Page (laman), pada bagian ini biasanya digunakan sebagai laman About, Privacy, Contact dan biasa juga disebut dengan lama lama statis (static page). Halaman ini cenderung berdiri sendiri serta tidak tampil pada bagian atau urutan posting (artikel) dan tidak memiliki urutan waktu berbeda dengan posting yang memiliki data sesuai dengan tanggal pembuatan dan bisa dilakukan pengeditan / republish sesuai keinginan suatu saat nanti.

Baiklah, semoga artikel singkat ini bisa membantu sobat dalam proses belajar wordress. Tidak banyak yang bisa diberikan karena saya juga masih dalam proses belajar. Namun untuk kedepanya saya akan coba tetap berbagi dari pengalaman yang rasanya bisa berguna untuk sobat, happy blogging..